Stratigrafi Zona Rembang


2.2.3        Stratigrafi Zona Rembang

Pada Zona Rembang ini singkapan yang tersingkap sangat sedikit dan berdasarkan pada laporan yang dipublikasi tentang data bawah permukaan ( Kadar dkk., 1992 ; Kadar dan Sudijono , 1984 ; Nawawi dkk., 1996 ; Sharaf dkk., 2005 dalam Smyth dkk., 2005). Stratigrafi Zona Rembang ini terbagi menjadi 3 sistem (Gambar 6) yaitu:

a.       Sistem Pertama

Sedimen yang tertua pada sistem ini yaitu Pra – Formasi Ngimbang(pre-Ngimbang Formation) , karakter , umur dan asal sedimentasi tidak terlalu diketahui (Ebanks dan Cook , 1993 dalam Smyth dkk., 2005). Formasi Ngimbang terekam sebagai akibat terusan transgresi dari pasir daratan , kemudian laut dangkal limestone dan lempung laut dalam (Ebanks dan Cook , 1993 dalam Smyth dkk., 2005). Pasir pada Formasi Ngimbang terdiri dari kaya akan mineral kuarsa dan berasal dari sumber yang dekat. Sekuen Transgresi ini berhenti pada oligosen unconformity dan overlay dengan batuan karbonat dari Formasi Kujung. Lapisan dan tebal lapisan memiliki kemiripan orientasi , diperkirakan pada saat tersebut terjadi perubahan  muka air laut. Dibandingkan dengan peristiwa deformasi karena berhentinya pada sedimentasi.  

b.      Sistem Ke-Dua

Pada sistem ini didominasi oleh peningkatan karbonat dari Formasi Kujung dan Formasi Prupuh. Pengurangan sedimen klastik disebabkan oleh peningkatan muka air laut atau penurunan relief topografi pada sumber sedimentasi. Karonat pada Formasi ini memiliki beberapa lapisan abu vulkanik yang diperkirakan produk dari jatuhan vulkanisme dari pegunungan Selatan Jawa. Karbonat pada formasi ini dperkirakan berumur Oligo – Miosen.

 

c.       Sistem Ke-Tiga

Pada masa periode Early miosen terjadi perubahan sedimentasi yang signifikan . Pada atas lapisan Formasi Kujung terdapan unconformity yang terdiri atas series siliklastik dan batuan karbonat.  Sedimen dari Formasi Tuban dan Ngrayong berasal dari daratan (Ardhana dkk., 1993 dalam Smyth dkk., 2005). Formasi Ngrayong terbentuk dari sekuen daratan ke sedimentasi tepi laut, tediri atas kaya mineral kuarsa dan beberapa lapisan abu yang berasal dari aktifitas vulkanik selama sedimentasi.


Kolom Stratigrafi Zona Rembang


Referensi :
Smyt , H., Robert Hall , Joseph Hamilton , Pete Kinny. 2005. “ East Java cenozoic Basins , Volcanoes and Ancient Basement : Proceedings Indonesian Petroleum Association ke – 30.  

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...