Pengertian Pemetaan Geologi



Apa Pemetaan Geologi?

Pertanyaan pertama yang mungkin, dan seharusnya, muncul di benak setiap mahasiswa yang akan melakukan pemetaan adalah: "Apa pemetaan geologi itu?"

Pemetaan geologi [geological mapping] secara sederhana dapat diartikan sebagai keseluruhan kegiatan atau proses yang dijalankan dalam rangka membuat peta geologi dari suatu daerah yang menjadi objek pemetaan. 

Perlu diketahui bahwa istilah pemetaan geologi dalam pengertian sempit sering hanya diartikan sebagai kegiatan atau proses penelitian lapangan yang dilakukan untuk membuat peta geologi. Walau demikian, menurut hemat penulis, sebaiknya kita memandang pemetaan geologi dalam pengertian yang luas mengingat dalam kenyataannya kita tidak mungkin akan dapat membuat peta geologi yang utuh tanpa melibatkan proses analisis yang biasanya hanya dapat dilakukan secara terbatas di lapangan.

Pemetaan Geologi di Lapangan (ilustrasi sumber jerseyboyshuntdinosaurs.blogspot.com)



Apa Peta Geologi?

Di atas telah dikemukakan bahwa pemetaan geologi merupakan kegiatan dalam rangka membuat peta geologi. Namun, apa yang dinamakan dengan peta geologi itu sendiri?

Peta geologi (geological map) secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah peta yang menampilkan informasi geologi seperti khuluk, penyebaran, dan hubungan antar satuan peta; struktur deformasi (sesar, lipatan, kekar); serta lokasi endapan mineral atau fosil tertentu.

Perlu ditekankan disini bahwa satuan peta yang biasa ditampilkan dalam peta geologi adalah satuan litostratigrafi [lithostratigraphic(al) units] sehingga satuan tersebut sering disebut sebagai satuan dasar dalam pemetaan geologi. Walau demikian, hal itu tidak berarti bahwa satuan peta geologi adalah satuan litostratigrafi. Sebagai contoh, dalam Peta Geologi Jawa Barat yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G) dan Geologic Map of the United States kita akan menemukan bahwa satuan-satuan peta itu didasarkan pada jenis batuan dan umur, misalnya "Batuan Beku Miosen" atau "Sedimentary Rocks of Cambrian Age". Di Amerika Serikat, satuan-satuan seperti itu dinamakan map units. Dengan alasan seperti itulah dalam pengertian di atas penulis menggunakan kata "satuan peta" (map units) dalam pengertian luas yang pengertiannya lebih luas daripada istilah map units yang dikenal di Amerika Serikat. Untuk yang disebut terakhir ini, penulis menamakannya map units dalam pengertian terbatas. Masalah satuan peta ini akan dibahas lebih jauh.

Apa Tujuan Pemetaan Geologi?

Pertanyaan ketiga yang seharusnya, meskipun agak jarang diajukan oleh para mahasiswa, adalah "Apa tujuan pemetaan geologi?"

Berbeda dengan apa yang mungkin diperkirakan oleh banyak orang, pemetaan geologi tidak dimaksudkan untuk menghasilkan peta geologi. Tujuan pemetaan yang sebenarnya adalah untuk memahami tatanan geologi daerah yang dipetakan. Pembuatan peta geologi hanyalah tahap pertama dari usaha untuk memperoleh pemahaman tersebut. Peta geologi merupakan sarana untuk memahami tatanan geologi daerah yang dipetakan. Pemahaman itu sendiri baru diperoleh setelah kita menafsirkan peta geologi tersebut. Inilah salah satu tahapan kegiatan pemetaan yang sangat jarang diungkapkan, apalagi dipraktekkan, oleh kebanyakan mahasiswa (dan dosen pembimbing sekalipun!)

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...