Kebutuhan Energi dan Hubungan dengan Populasi Manusia



Club Of Rome

Latarbelakang

Club of Rome didirikan oleh Aurellio Peccei, seorang industrialist berkebangsaan Italia dan Alexander King, seorang ahli sains berkebangsaan Skotlandia,tahun 1968. Pendirian organisasi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul di dunia akibat tidak terkendalinya pertumbuhan populasi manusia yang diikuti dengan semakin terbatasnya sumberdaya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Seiring dengan berjalannya waktu, organisasi ini berkembang menjadi organisasi yang diikuti oleh tidak hanya oleh para ekonom(industrialis) dan ahli sains, tapi juga para politisi dan kaum dari berbagai bidang. Organisasi ini berkembang menjadi sebuah forum debat untuk membicarakan masalah pemenuhan kebutuhan manusia dan cara pemecahannya.
Beberapa buku telah terpublikasikan hasil dari forum diskusi anggota Club of Rome. Berikut adalah buku buku hasil publikasi Club of Rome dan sinopsisnya:


The Limits to Growth – The 30 Year Update

Penulis : Donella Meadows, Dennis Meadows, Jorgen Randers

Buku ini membahas dan membuat pemodelan tentang adanya 5 hal signifikan yang dapat diamati dalam perkembangan global saat ini yaitu pertumbuhan populasi, percepatan industri, peningkatan kekurangan gizi(malnutrisi), menurunnya jumlah sumber daya tak terbarukan, dan menurnnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Dalam hal ini peningkatan populasi, produksi makanan dan konsumsi sumber daya alam tak terbarukan peningkatannya per tahunnya mengikuti pola pertubuhan eksponensial.
Pemodelan yang dilakukan memiliki banyak kelemahan kelemahan, diantaranya terlalu menyederhanakan, dan tidak tuntas. Lebih jauh lagi, sifat-sifat dasar yang digunakan dalam model ini sangan fundamental dan umum sehingga tidak berharap bahwa kesimpulan utamanya menjadi perubahan pokok oleh revisi selanjutnya.
Tujuan pemodelan ini adalah untuk menegetahui batasan dari sistem pendukung kehidupan yang dunia miliki. Batasan ini diperlukan untuk dapat mencapai sebuah kesetimbangan antara sistem pendukung kehidupan dan pertumbuhan manusia. Kesimpulan yang didapat, untuk mencapai kesetimbangan diperlukan beberapa syarat:

·      Pengendalian jumlah ekologi dengan sumber daya alam yang tersedia (Seimbangnya Jumlah kelahiran dan kematian)

·     Tingkat konsumsi sumber daya alam dengan jumlah populasi yang seimbang. Hal ini dapat ditingkatakan dengan penciptaan teknologi baru.

Cara untuk memperoleh hal diatas adalah:

·           Meminimalkan penggunaan sumberdaya tak terbarukan
·           Menjaga tingkat penurunan sumberdaya terbarukan
·           Menggunakan seluruh sumberdaya dengan efisiensi maksumum
·           Memperlambat dan menghentikan pertumbuhan secara eksponensial

Global Population Blow-Up and After 

Penulis : Sergey P. Kapitza

Hal utama yang dibahas adalah pertumbuhan populasi dunia dan hubungan/interaksinya dengan lingkungan sebagai pendunkung aktivitas kehidupan manusia sebagai penyedia sumberdaya alam. Hubungan ini dimodelkan dengan beberapa sistem pertumbuhan yaitu linier, eksponensial, hiperbolik, dan kuadaratik.
Pertumbuhan linier karena pertumbuhan yang ada tidak secara siginifikan bertambah seriring dengan bertambahnya waktu. Hal ini adalah ciri dari sisitem dinamik dan proses pertumbuhannya tidak berganutng dengan variabel yang pasti.
Pertumbuhan eksponensial menyatakan adanya pertumbuhan yang siginifikan seiring dengan berjalannya waktu.
Namun Kedua pertumbuhan tersebut (pertumbuhan linier dan eksponensial), hanya berlaku dalam periode yang relatif singkat dan hanya menunjukkan angka perubahan yang sesaat. Sehingga dalam hal pertumbuhan populasi global, keduanya tidak dapat menggambarkan perubahan jangka panjang.
Pertumbuhan hiperbolik merupakan interaksi kuadratik yang ditunjukkan dalam persamaan asimtotik. Namun, persamaan asimtotik tersebut terbatas hanya untuk masa lalu dan sekarang disebabkan oleh perbedaan asimtotik dari pertumbuhan hiperbolik. Sifat asimtotik hanya valid pada tahapan pertumbuhan tertentu.
Pertumbuhan kuadratik merupakan pengembangan dari hiperbolik. Saat populasi meningkat pesat, angka akselerasi pertumbuhan kuadratik ini mencapai batas dan titik kulminasinya. Pada titik ini, pertumbuhan dibatasi secara kinematik oleh proses internal, bukan oleh sumber eksternal.
Kurva kurva pertumbuhan digunakan untuk mengetahui populasi global di masa yang akan datang. 



THE CHALLENGE OF 1970s FOR THE WORLD OF TODAY

Penulis : Aurelio Peccei

            Buku ini berisikan tentang gambaran perkembangan kehidupan manusia pada tahun1960-1980an. Penulis menceritakan adanya perkembangan teknologi yang pesat yang juga diikuti dengan pertumbuhan populasi yang ada. Perkembangan teknologi ini menjadi ajang persaingan antara negara di dunia, dan negara yang lemah dalam pengembangabn teknologi akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan akan rakyatnya terutama kebutuhan akan sumber daya energi. 


Pertumbuhan Teknologi yang Terjadi Secara Eksponensial

Penulis buku ini juga menyatakan dengan tegas bahwa pada suatu saat akan terjadi krisis pemenuhan energi yang disebabkan oleh pertumbuhan eksponensial populasi manusia yang diikuti dengan peningkatan konsumsi sumberdaya alam yang melebihi daya dukung alamiah sendiri. Oleh karena itu perlu diadakan sebuah pemikiran yang serius untuk dapat mengendalikan             

Final Warning: A History of New World Order

Penulis: David Rivera

            Buku ini berisikan tentang kelahiran tirani manusia yang dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi. Keadaan ekonomi yang dikontrol oleh efek yang ditimbulkan oleh perang dunia dan perkembangan politik dunia.
            Dampak yang ditimbulkan akibat perang ini menyebabkan lahirnya berbagai aliran politik seperti komunis, liberalis, yang juga mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia di dunia.
            Buku ini juga menceritakan adanya penurunan populasi manusia akibat adanya penyebaran virus AIDS. Penyebaran virus AIDS ini tidaka dapat dicegah sampai sekarang, dan mempengaruhi jumlah populasi manusia yang ada.
            Selain itu,didalam buku ini juga dibahas masalah yang timbul akibat tidak terkendalinya pertumbuhan manusia. Masalah ini mengakibatkan lahirnya lembaga lembaga dunia yang memiliki hak untuk mengatur kebijakan dunia yang mneyangkut kehidupan manusia, seperti PBB, selain itu di seluruh bagian dunia terjadi peningkatan aktifitas kriminal, ditandai dengan meningkatanya unit unit keamanan internal di semua negara dunia.

Clean Power from Deserts – The DESERTEC Concept for Energy, Water and Climate Security

Penulis : Hassan Bin Talal

Pengembangan energi alternatif sangat diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan energi yang dibutuhkan manusia. Hal ini-lah yang melandasi lahirnya konsep energi surya yang bersifat ramah lingkungan. Pengembangan energi ini sangat sesuai dikembangkan di daerah mediterania utara dan selatan. Pengembangan energi ini melahirkan kesempatan baru yaitu untuk membuat infrastruktur baru dan teknologi pengolahan energi yang baru. Penggunaan energi ini juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya alam untuk diolah menjadi sumber energi.



Daftar Pustaka
Thomas Schauer, Markus Neuvonen, Matti Penttilae. Information Technology, Competitiveness and the Environment
Meadows, Donella dkk. The Limits to Growth – The 30 Year Update
Peccei, Aurelio. THE CHALLENGE OF 1970s FOR THE WORLD OF TODAY
Kapitza, Sergey P.  Global Population Blow-Up and After
 
 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...