Keindahan Karst Citatah yang Terancam Penambangan

Kawasan Stone Garden Padalarang, Jawa Barat (Sumber)
Kabupaten Bandung Barat (KBB) , ternyata menyimpan mutiara destinasi wisata yang mempesona . Sayangnya , mutiara ini masih terpendam. Objek wisata potensial itu adalah Taman Batu / Stone Garden Padalarang , Kabupaten Bandung. Obyek ini berada di kawasan karst citatah yang memanjang mulai dari kabupaten Cianjur samapi Bandung Barat. Pemandangan di sekitar tebing menampakan keindahan dengan latar belakang batu gamping yang telah terbentuk runcing - runcing. Dengan ketinggian lebih dari 1000 m di atas permukaan laut, stone garden menawarkan keeksotisan pemandangan yang berbeda.


Para pengunjung yang datang selain dapat menikmati keindahan stone garden juga dapat mengunkungi Gua Pawon yang berada di bukit masigit.  Gua Pawon ini merupakan tempat tinggal manusia prasejarah yang mendiami kawasan Bandung Barat. Kawasan ini merupakan bukti bahwa pernah ada manusia purba yang menjadikan Gua Pawon sebagai tempat tinggalnya.

Sayangnya keindahan daerah ini mulai digerus oleh para penambang kapur yang berada di Karst Citatah ini. Sayangnya pemerintah daerah kurang tanggap terhadap ancaman ini dan malah membiarkan Kart Citatah ini dengan kurangnya perhatian terhadap potensi Stone Garden dan Gua pawon. Padahal kawasan ini memiliki daya tarik wisata yang perlu dikembangkan.

Jika potensi wisata ini dapat dikembangkan , warga sekitar tidak akan mengntungkan hidup dari penambangan kapir ini yang merusak lingkungan. Pembenahan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan potensi wisata ini , karena kases menuju kesana sangat sulit, dan tidak ada penunjuk jalan apalagi brosur dan promosi daerah ini. Meski minim fasilitas dan promosi Stone Garden tetap menjadi daya tarik wisata. Banyak pecinta alam yang berkunjung ke taman batu ini apalagi infrastruktu dikembangkan dengan baik. Sehingga Karst Citatah tidak hanya dikenal sebagai penambangan kapur tetapi juga sebagai objek wisata.

Sumber Dimodifikasi dari Anne Rufaidah ,
Koran Sindo 10 September 2014 

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...