Tahapan Eksplorasi



 Tahapan Eksplorasi

Eksplorasi pada cebakan – cebakan mineral selalu dilakukan secara bertahap. Sistem bertahap ini dilakukan untuk mengurangi suatu resiko eksplorasi. Selain itu sistem ini dihubungkan dengan metode eksplorasi yang digunakan.

Menurut Peters, 1978 dalam Koesomadinata, 2000 tahapan eksplorasi modern adalah suatu strategi eksplorasi modern meliputi 2 tahapan eksplorasi dengan sub-tahapannya, dimana pada setiap tahapan memberikan kesempatan untuk pengambilan keputusan serta penyempurnaan model eksplorasi serta petunjuk geologi yang lebih relevan. Tahapan ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian antara lain:


Rancangan eksplorasi ini antara lain menyangkut tentang review literatur , geologi regional, citra landsat, interpretasi foto udara. Selain itu juga mencakup tentang model eksplorasi sebagai hipotesa kerja penentuan strategi dan pemilihan metoda eksplorasi.


Pada tahap ini dibagi menjadi 3 tahajp antara lain :

2.1  Penilaian Regional (Regional Apprasisal)
Penilaian regional ini berdasarkan data dan studi pustaka yang ada.

2.2  Peninjauan Daerah (Area Reconnaissance)
Peninjauan daerah ini dilakukan dengan melakukan survei daerah. Survei ini dapat menggunakan survei udara seperti surveidan analisa foto udara, survei dan analisa aeromagnetic. Sedangkan survei darat berupa lintasan – lintasan dengan metoda geologi atau non geologi, pengambilan batuan perconto di sungai (stream sampling), dan sebagainya. Tahapan ini menghasilkan daerah – daerah prospek dengan peta skala 1 : 100.000 – 200.000.

2.3   Pemilihan Sasaran (Target Selection)
Tahap ini merupakan akhir dari semua tahapan eksplorasi tinjau – tingkat strategis. Tahap ini menindaklanjuti tahap peninjauan daerah dengan sitem metoda geologi berupa : prospeksi batuan di sungai seperti float mapping and sampling, stream sediment sampling, dan rock sampling. Kadangkala bersamaan dengan pembuatan paritan, pemboran dangkal dan metoda geofisika seperti survei magnetic, gravitasi, seismik dan reflaksi seseuai dengan petunjuk geologi.

3  Tahapan Eksplorasi Rinci – Tingkat Taktis (Detail Exploration Stage – Tactical Phase)
Tahapan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu :
3.1  Penyelidikan Permukaan Rinci (Detail Surface Investigation)
Tahap ini berupa penciutan daerah prospek dengan peta skala 1:5000 – 1:1000. Kegiatan pada tahap ini antara lain berupa pemetaan geologi rinci , surve geokimia rinci, pembuatan paritan dan sumur uji dan survei geofisika rinci dan pengambilan beberapa contoh batuan hasil pemboran.
3.2  Penyelidikan Bawah permukaan Rinci (Detail Subsurface Investigation)
Pada tahap ini berupa pembuatan terowongan eksplorasi, pengeboran core – logging yang lebih rapat, pengukuran geophysical logging, penentuan cadangan pendahuluan dan pengambilan contoh secara sistimatis

3.3  Penemuan / Bukan Penemuan (Discovery / Nondiscovery)

Pada tahap ini faktor – faktor teknik penambangan, teknik ekstraksi metalurgi, kebutuhan energi dalam penambangan serta penilaian ekonomis (feasibility studies) dilakukan agar dapat diketahui suatu prospek dapat ditambang atau tidak.

4   Tahapan Evaluasi dan Pra Produksi ( Evaluation and Preproduction Stage)

Tahap ini merupakan tahap akhir sebelum dilakukan penambangan suatu daerah. Tahap ini berupa evaluasi keseluruhan dari kegiatan produksi. Selain itu tahap ini juga merancang kegiatan penunjang selama pertambangan seperti pembuatan jala, pembuatan kantor dan mess pekerja, pembuatan pelabuhan dan pabrik metalurgi.

Daftar Pustaka

Koesoemadinata,R.P. 2000.Geologi Eksplorasi.  Bandung : ITB

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...