10 Negara Dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Logam mulia emas (Au) terkenal sebagai salah satu alat ukur kekayaan. Dari jaman dahulu sampai sekarang emas (Au) menjadi salah satu alat tukar, penyimpan , dan ukur kekayaan suatu negara.

Logam Mulia Emas (ilustrasi


Selain anggaran belanja suatu negara dapat dilihat dari cadangan emasnya. Karena cadangan emas merupakan salah satu penjamin adanya penerbitan mata uang suatu negara. Selain itu , kondisi ekonomi suatu negara dapat dipengaruhi oleh seberapa besar cadangan emas suatu negara. Berikut ini 10 negara di dunia dengan cadangan emas terbesar ;

Peringkat 10


Negara India (sumber)

India menjadi negara dengan cadangan emas terbesar ke 10. Cadangan emas negara India sebesar 557 ton emas. Cadangan ini merupakan salah satu kekayaan negara india dengan persentase 7.6% dibandingkan dengan total kekayaan negara India.

Peringkat 9


Bendera Negara Belanda (sumber)

Berada di peringkat 9 ditempati dengan negara Belanda. Cadangan emas negara ini sebesar 612.5 ton emas. Sebagian besar cadangan emas negara ini berada di luar negeri.


Peringkat 8

Negara Jepang (sumber)
Negara dengan cadangan ke 8 ditempati oleh Negara Jepang. Cadangan negara ini sebesar 765.2 ton emas.


Peringkat 7
Negara Rusia (Sumber)

Negara Rusia menempati peringkat ke - 7 dengan cadangan emas sebesar 1034 ton emas. Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Peringkat 6


Swiss menjadi negara ke - 6 dengan cadangan emas terbesar . Cadangan emas negara swiss sebesar 1041 ton emas. Cadangan emas ini merupakan 20 % dari aset negara Swiss.

Peringkat 5

Peringkat ke lima ditempati oleh negara Cina. Cina merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke dua di dunia. Cadangan emas negara ini sebesar 1054 ton emas.

Peringkat 4

Negara ke empat dengan cadangan emas terbesar ditempati Negara Perancis. Cadangan emas Negara Perancis ini sebesar 2435 ton emas yang merupakan 64.3% cadangan negara tersebut.

Peringkat 3

Itali menjadi negara terbesar ke tiga cadangan emas. Cadangan emas negara ini sebesar 2451 ton emas yang merupakan 65.9 % cadangan Negara Itali.

Peringkat 2


Jerman menjadi negara terbesar ke dua dengan cadangan emas sebesar 3387 ton emas. Cadangan emasa negara jerman merupakan 67.1% dari total cadangan negara tersebut.

Peringkat 1




Siapa lagi kalau bukan negara adi kuasa Amerika Serikat. Cadangan emas Negara Amerika ini sebesar 8133.5 ton emas. Cadangan ini merupakan 71% dari total cadangan Negara Amerika.

Logam emas bukan hanya merupakan salah satu logam untuk perhiasan. Tetapi seberapa besar cadangan emas sutau negara merupakan salah satu indikasi seberapa kuat ekonomi suatu negara dari goncangan ekonomi yang terjadi.
.




No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...