Tekstur Batuan Sedimen

Tekstur Batuan Sedimen

Secara umum tekstur adalah aspek batuan yang dipengaruhi oleh ukuran,bentuk, dan keteraturan dari butirannya, sedangkan kemas asalah komponen tekstur yang merupakan hubungan ukuran dan bentuk dari butir .

Unsur - unsur tekstur batuan sedimen antara lain :

Besar Butir (Grain Size)

Skala Besar Butir (Wentworth)
Besar butir adalah unsur utama dari tekstur batuan sedimen klastik, yang berhubungan dengan tingkat energi pada saat transportasi dan pengendapan. Klasifikasi besar butir yang sering dipakai dengan menggunakan skala Wentworth. Klasifikasi besar butir ini sangat penting karena dipakai sebagai salah satu penamaan batuan sedimen.


Derajat Pemilihan (Sorting)

Sorting Batuan Sedimen
Pemilihan adalah derajat kesamaan atau keseragaman antar butir. Tingkat pemilahan  ini dibagi menjadi very well sorted, well sorted, moderally sorted, poorly sorted dan very poorly soorted.

Kebundaran Butir (Rounding)

Kebundaran Butir 
Kebundaran merupakan aspek bentuk butir yang menyatakan keytajaman sudut butiran. Aspek ini mencerminkan tingkat abrasi selama transportasi. Semakin bunda suatu butir ini menandakan asal sumber butiran jauh dari tempat pengendapan sedangkan butir yang lancip menandakan asal butir dekat dengan tempat pengendapan sedimen.

Warna (Colour)
Warna berbagai batuan sedimen menandakan kmposisi butir (sumber)
Warna merupakan salah satu tekstur batuan yang utama. Warna ini mencerminkan komposisi penyusun utama suatu batuan dan menandakan komposisi mineral yang menyusun batuan sedimen. Contoh warna putih menandakan batuan banyak di isi oleh mineral kuarsa, warna merah banyak di isi mineral oksida besi, Sedangkan warna gelap merupakan batuan vulkanik (breksi vulkanik). Identifikasi warna sangat penting untuk membantu mengetahui asal dari penyusun batuan sedimen.

Kemas (Fabrik)

Kemas pada batuan sedimen
Kemas merupakan sifat hubungan anata butir sebagai fungsi orientasi butir dan packing. Secara umum dapat memberikan gambaran tentang arah aliran salam sedimentasi serta keadaan porosias dan permebealitas batuan. Pada batuan dengan kemas tertutup ini menandakan bahwa proses pembentukan  batuan , sedimen datang secara langsung sehingga butiran tidak memiliki ruang kosong. Selain itu kemas dapat juga diakibatkan oleh struktur yang mempengaruhi batuan tersebut.

Komposisi

Komposisi butiran batuan
Komposisi merupakan tekstur batuan sedimen dilihat dari unsur penyusun utama suatu batuan. Komposisi penting untuk mengetahui unsur - unsur yang menyusun batuan. Komposisi batuan sedimen ini penting sebagai penamaan batuan sedimen. Pada batupasir yang kaya akan silika dapat dibagi menjadi wacke yaitu yang mengandung lempung dan lanau diantara butirnya sedangkan arenite yang sedikit kandunan lempungnya. Selain itu juga didapat dari perbandingan komponen kuarsa, feldspar , dan fragmen litik.  

Semen
Hubungan Matriks,butir dan Semen.
Semen merupakan salah satu unsur penting dalam batuan sedimen. Karena dapat menandakan kondisi butiran sedimen saat terjadi pengendapan. Semen sendiri dapat dibagai berbagai macam misalnya semen gampingan , silika, oksida besi. Semen ini menandakan proses diagenesis batuan sedimen sehingga penting untuk mengetahui unsur penyusun sedimen.

Matriks

Matriks merupakan salah satu unsur utama selain butir dan semen.  Matriks merupakan butiran yang ukuran lebih kecil dan mengisi rongga di antara butir dan semen. Matriks ini menandakan proses sedimentasi yang terjadi. Matriks yang banyak menandakan proses berupa arus yang kacau sedangkan matriks yang seikit menandakan proses pengendapan beruapa arus yang konstan.

Tekstur Batuan Sedimen Kristalin


Selain tekstur si atas ada berbagai tektur khusus yang terjadi pada bataun sedimen kristalin misalnya tekstur pertumbuhan mineral setelah pengendapan (oolitik), dan tekstur biogenik hasil dari pengendapan organik karbonat misalnya stromatolit. tekstur hasil dari diagenesa misalnya pressure sulotion atau stylolite.
Tekstur stylolite pada batuan sedimen batugamping


Baca Juga : Struktur Satuan Sedimen

1 comment:

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...