Stratigrafi Zona Kendeng


 Stratigrafi Zona Kendeng

            Zona Kendeng terdiri dari lebih dari 8000 meter sedimen (de Genevraye dan Samuel , 1972 dalam Smyth dkk. (2005)). Pada bagian utara Zona Kendeng ini terdapat lipatan dan dorongan yang besar sehingga  terbentuk depresi. Pada zona ini jarang ditemukan adanya singkapan. Pada Zona Kendeng ini Stratigrafinya dibagi atas 3 (Gambar 1) (Smyth dkk., 2005) yaitu :
a.       Sistem Pertama
Sedimen pada sistem ini tidak ditemukan tersingkap secara jelas tetapi sebagian terlihat di permukaan terbawa oleh beberapa lumpur vulkanik. Deskripsi dari fragmen tersebut “ Batupasir calcareous dengan terpilah baik dan konglomerat hubungan dengan Nummulites” (de Genevraye dan Samuel , 1972 dalam Smyth dkk., 2005). Pada sistem ini mirip dengan karakter sistem pertama zona Pegunungan Selatan.

b.      Sistem Ke-Dua dan Ke -Tiga 
Sistem ke-dua dan ke-tiga ini dicirikan dengan lapisan selang-seling antara batupasir vulkanik dengan pelagik mudstones. Batupasir terbentuk dari aktifitak vulkanik yang berasal dari arah selatan cekungan dan pelagik sedimen berasal dari utara dengan terpilah baik. Walaupun sedimen berada di bagian dalam cekungan , mudstones tetap memberikan signifikansi terhadap volcanogenic clays. Pada barat daya bagian dari Zona Kendeng terdapat  lapisan Lutut (van Bemmelen , 1949; Lunt dkk. 2000; dalam Smyth dkk. 2005) terdiri dari mineral kuarsa dan memiliki clasts basement terdiri dari batuan schist dan basalt. Daerah ini telihat sedikit tetapi menandakan adanya basement dan adanya pengangkatan (uplift) dan erosi selama Miosen Awal.
Sedimen pada sistem ini umumnya berasal dari Pegunungan vulkanik Selatan. Umur saat terjadi deformasi dan pengangkatan (uplift) Lipatan Kendeng diperkirakan pada umur Pliosen (de Genevraye dan Samuel , 1972 ; dalam Smyth dkk. 2005)


Gambar 1. Stratigrafi zona Kendeng (Smyth , 2005).


Referensi :
Smyt , H., Robert Hall , Joseph Hamilton , Pete Kinny. 2005. “ East Java cenozoic Basins , Volcanoes and Ancient Basement : Proceedings Indonesian Petroleum Association ke – 30.  

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...