Ketahanan Energi

Ketika dunia semakin membutuhkan energi fosil (minyak , batubara dan , gas) harga energi ini semakin meningkat. Peningkatan ekonomi negara maju dan berkembang semakin membutuhkan energi yang banyak. Ketahanan terhadap energi ini sangat dibutuhkan negara - negara industri seperti amerika, eropa ,jepang dan korea
. Perusahan dari negara tersebut bersaing untuk mendapatkan pasokan energi dari negara berkembanng seperti indonesia, timur tengah dan afrika. konsumsi energi yang besar ini diperlukan untuk menggerakkan ekonomi negara tersebut. Salah satu negara yang ekspansif dalam bidang energi yaitu china menggunakan batubara sebagai energi pembangkit listrik.



Peta Konsumsi energi negara di dunia


Peta tersebut mengambarakan konsumsi tiap negara di dunia. Negara industri/ maju menghabiskan lebih dari setengah energi di dunia. Kebutuhan dan perebutan energi ini mengakibatkan energi semakin mahal dan tidak terjangkau. Indonesia sebagai negara berkembang seharusnya memprioristaskan energi untuk dalam negeri agar tercipta industri dan lapangan kerja baru. Saatnya indonesia tidak mengekspor barang mentah (batubara, gas, mineral) tetapi menggunakannya untuk membuat barang jadi. Sudah satnya ketahanan energi kita diutamkan dan diperhatikan. Karena nantinya energi dan bahan pangan akan semakin mahal dan diperebutkan negara di dunia. 

Seperti perkataan Bung Karno :

"Gerak adalah sumber kehidupan, dan gerak yang dibutuhkan di dunia ini bergantung pada energi, siapa yang menguasai energi dialah pemenang".

Bung Karno berkata 

"Dunia akan bertekuk lutut kepada siapa yang punya minyak




No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...