Pemanfaatan Energi Geothermal Secara Langsung

Energi Geotermal / Panas Bumi seingkali kita kethuai dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Pemanfaatan ini dikenal sebagai pemanfatan secara tidak langsung karena media panas ini digunakan untuk merubah air sebagai uap panas kemudian uap panas ini digunakan untuk menggerakkan turbin generator listrik.



Sedangkan pemanfatan secara langsung yaitu air panas dari mata air ini digunakan langsung sebagai energi panas. Pemanfaatan langsung geotermal ini antara lain :

1.       Pemanfatan sebagai mata air panas
Pada daerah dengan 4 musim keberadan mata air panas sangat penting . karena selain sebagai mata air panas , mata air ini dapat digunakan sebagai penghangat pada musim dingin untuk mencegah terjadi hipotermia. Sehingga penduduk tidak membutuhkan energi lain sebagai penghangat. 

Kera di Jepang mengunakan mata air sebagai penghangat di musim dingin


2.     Sebagai pengering bahan baku industri
Energi untuk mengeringkan ini berasal dari uap air panas yang disalurkan ke tempat pengeringan. Uap panas ini akan memanaskan tungku pengeringan. Sehingga bahan baku akan terkena panas dan mengering.
3.  Sebagai energi budidaya  holtikultura
Mata air panas dapat digunakan sebagai pemanas bahan baku pembuatan media perkembiakan jamur. Sehingga bahan baku dapat steril dari jamur dan bakteri. Penggunaan ini sangat berguna bagi industri pertanian yang membutuhkan energi panas sebagai pembersih bakteri / jamur.

Pengering di tanaman rumah kaca pda musim dingin
4.  Sebagai media pengobatan               
Hasil studi terhadap air panas  menunjukkan hasil :
a.       suam / hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13 %
b.      Penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki. 
c.       Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Mandi dengan air bersuhu antara 32 – 35 celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh.
d.      Dapat menyembuhkan sakit otot / pegal.
e.      Mandi air panas selama 10 – 20 menit dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik .
5.  Sebagai obyek wisata
Pada daerah mata air panas / geyser sangat memungkinkan untuk sebagai obyek wisata. Baik untuk pemandian air panas atau sebagai obyek wisata geologi . 

Wisata Geologi Geyser di Yellow Stone National Park



No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...