Melihat Banjir Sitiarjo Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Dari Sisi Geologi

Banjir akibat meluapnya Sungai Penguluran Sitiarjo
Seiring dengan datangnya musim hujan, bencana kembali melanda daerah Malang Selatan. Kali ini banjir melanda Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan , Kabupaten Malang. Banjir ini diakibatkan oleh meluapnya aliran Sungai Penguluran yang membelah desa ini. Banjir Sungai Penguluran ini mengulang kejadian banjir bandang yang terjadi di tahun 2013. Banjir dari meluapnya Sungai Penguluran ini mengindikasikan terjadi kerusakan di daerah hulu Sungai Penguluran. Bencana kali ini memutus jalan menuju Desa Sitiarjo dan membuat belasan rumah terendam banjir.


Lokasi Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Lokasi Desa Sitiarjo

Secara lokasi Desa Sitiarjo terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Bagian barat berbatasan dengan Desa Sidodadi, bagian utara Desa Sumber Agung, Sedangkan bagian timur berbatasan dengan Desa Tambakrejo dan Desa Kedung Banteng. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Laut Indonesia.



Geomorfologi Desa Sitiarjo 
 
Desa Sitiarjo sendiri terletak di lembah aliran Sungai Penguluran yang membelah Desa Sitiarjo. Lembah dari Sungai Penguluran dimanfaatkan penduduk sebagai lahan pertanian persawahan. Lembah ini sangat subur karena merupakan hasil dari pengendapan material lumpur yang dibawa oleh Sungai Penguluran. Sedangkan bagian timur dan Barat Desa Sitiarjo merupakan perbukitan breksi vulkanik dan juga merupakan bukit karst dari umur miosen. Sehingga daerah Sitiarjo sendiri merupakan lembah yang kemudian dikelilingi oleh perbukitan berumur Miosen. Hal ini menjadikan Desa Sitiarjo menjadi daerah yang rawan banjir bandang akibatnya meluapnya Sungai Penguluran.

Penampang Desa Sitiarjo yang berada di lembah aliran Sungai Penguluran

Sungai Penguluran sendiri merupakan sungai yang berumur dewasa dengan ditunjukkan oleh aliran sungai yang berkelok – kelok membentuk meandering sistem. Sedangkan pada hulu sungai Pengulururan berupa sungai yang tajam dan bergradien tinggi, Hal ini menyebabkan saat terjadi hujan di puncak bukit. Air langsung bergerak turun ke arah hilir Sungai Penguluran. Desa Sitiarjo yang merupakan daerah tempat bertemunya cabang dari sungai penguluran sangat berpotensi terjadi banjir. Sedangkan pada daerah hilir sungai yang bermeander mengakibatkan aliran air di Sungai Penguluran relatif lambat turun, sehingga mengakibatkan air tertahan. Daerah Desa Sitiarjo terletak di daerah sungai yang berkelok – kelok dan merupakan daerah endapan aluvial sungai Penguluran

Daerah Aliran Sungai (DAS) Penguluran

Daerah Aliran Sungai (DAS) Penguluran
Daerah aliran Sungai Pengulurun terdiri dari berbagai anak sungai yang bermuara ke Sungai Penguluran. Anak anak sungai ini antara lain Kali Kedungbiru, Kali Kelaka, Kali Bangbang, Kali Bulubranjang, Kali Talangsari, Kali Kampungbaru, Kali Klepu dam Kali Ringinkembar. Anak – anak sungai inilah yang memberikan aliran air ke Sungai Penguluran. Pertemuan terbesar terjadi pada anak sungai Kelaka dan sungai Penguluran terdpat di Desa sitiarjo sehingga sebagian besar air berasal dari Anak Sungai Kelaka dan sungi Penguluran.jnnn
Daerah aliran Sungai Sungai Penguluran memiliki luas sekitar 163 km2 dengan cakupan hampir semua daerah Kecamatan Sumbermanjing Wetan sebagai daerah aliran sungainya. Hulu dari daerah aliran sungai berada di bagian utara berupa perbukitan vulkanik berumur tersier. Sifat batuan yang resiten menjadikan aliran sungai pada bagian hilir membentuk tipe aliran dendritik.

Gradien Sungai Penguluran

Gradien Sungai Penguluran sangat terjal pada baian hulu dan melandai pada bagian hilir.. Hal ini mengindikasikan bahwa bagian hulu dari sungai Penguluran terdiri dari batuan yang resisten dan sering terjadi erosi. Sedangkan bagian hilir menjadi tempat pengendapan. Bentuk dari gradient ini dapat mengindikasikan bahwa bagian hilir batuan pembentuknya lunak.

Gradien  Sungai Penguluran yang terjal di bagian Hilir dan landai di bagian Hulu.

Geologi Desa Sitiarjo

Secara Geologi Daerah Desa Sitiarjo terdiri dari Endapan Aluvial berumur kuarter (Qas). Endapan alluvial ini merupakan hasil dari endapan sungai penguluran yang melewati daerah sitiarjo. Hasil pengendapan ini sangat subur dan menjadikan daerah Sitiarjo digunakan sebagai daerah pertanian. Sedangkan pada bagian Barat dan Timur Desa Sitiarjo dikelilingi oleh perbukitan gamping berumur Miosen Formasi Wonosari ( Tnwl). Pada bagian utara berupa endapan vulkanik berumur oligosen Formasi Mandalika (Tomm). Struktur pembentuk daerah sitiarjo berupa sesar mendatar turun yang mengakibatkan terbnetuknya Sungai Penguluran. Sesar mendatar ini dapat dilihat dari kelurusan sungai Penguluran sampai Anak Sungai Kelaka. Sesar ini diperkirakan terbentuk pada umur Pliosen – Plistosen saat terjadi teknonik pengangkatan di seluruh Pulau Jawa. Selain itu terbentuk struktur berupa lipatan pada bagian utara desa Sitiarjo. Geologi pembentuk ini menjadikan Desa Sitiarjo yang merupakan daerah hasil endapan Sungai Penguluran sangat rawan terjadi banjir yang diakibatkan oleh Sungai Penguluran. Selain itu Desa Sitiarjo dikelilingi oleh perbukitan berumur Tersier yang terangkat yang sangat terjal sehingga aliran air sangat cepat menuju Sungai Penguluran. 
 

3 Dimensi Desa Sitiarjo dan Geologi pembentuknya.

Oleh karena itu perhatian lebih harus diupayakan pada bagain hulu sungai penguluran agar tidak terjadi kerusakan lingkungan. Selain itu daerah Desa Sitiarjo yang merupakan daerah endapan Sungai Penguluran sebaiknya tidak mengunakan Daerah Aliran Sungai Penguluran sebagai hunian , sekolah, dan perkantoran. Daerah aliran sungai ini diharapkan hanya digunakan sebagi pertanian dan daerah konservasi air.

Referensi
Bakosurtanal,1999, Peta Rupabumi Digital Indonesia 1:25000 Lembar 1607-412 Sitiarjo , Bakosurtanal : Bogor.
Bakosurtanal,2001, Peta Rupabumi Digital Indonesia 1:25000 Lembar 1607-414 Sitiarjo , Bakosurtanal : Bogor.
Sujanto dkk., 1992. Peta Geologi lembar Turen. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi : Bandung

USGS, Shuttle Radar Topographic Mission S08E113


 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...