Pengertian Eksplorasi



Eksplorasi


Eksplorasi adalah kegiatan teknis ilmiah untuk mencari tahu suatu area, daerah, keadaaan , ruang yang sebelumnya tidak diketahui keberadaan akan isinya. Eksplorasi yang ilmiah akan memberikan sumbangan terhadap khazanah ilmu pengetahuan. Eksplorasi tidak hanya dilakukan disuatu daerah, dapat pula di kedalaman laut yang belum pernah dijelajah, ruang angkasa, bahkan wawasan alam pikiran (eksloration of the mind) (Koesoemadinata, 2000)
Kegiatan Eksplorasi Geologi



Sedangkan istilah eksplorasi menurut bahasa inggris dan belanda mempunyai 2 pengertian (Koesoemadinata, 2000) :

·      Melakukan perjalanan (di suatu kawasan yang tidak atau sedikit diketahui sebelumnya) untuk mempelajari gejala alam, penduduk, dan sebagainya.

·      Mempelajari secara rinci, memeriksa secara teliti, menyelidiki.


Dalam dunia geologi dan pertambangan arti eksplorasi adalah pengertian yang kedua, sedangkan dalam masyarakat luas  adalah pengertian yang pertama.

Menurut Thomas Kunh, 1962 dalam Koesoemadinata, 2000 dalam bukunya The structure of scientific revolution memberi pengertian bahwa  jika seseorang akan mencari sesuatu sadar/tidak sadar dia harus sudah mempunyai model yang dicarinya. Begitu juga bagi seorang geolog, harus sudah mempunyai bayangan model dan konsep dari eksplorasi. Selain itu juga harus mengetahui sistem yang efektif untuk melakukan kegiatan eksplorasi di suatu daerah yang dicari. Yang terakhir menentukan metoda untuk mencari dan melacak cebakan mineral, gejala – gejala geologi, dan sebagainya.


                 
Daftar Pustaka


Koesoemadinata,R.P. 2000.Geologi Eksplorasi.  Bandung : ITB

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...