Awas Bandung Barat Rawan Bencana

Kawasan Wilayah Lembang Bandung Rawan Bencana
Musim penghujan yang telah tiba mulai mengancam kawasan bandung barat. Terutama bencana alam akibat musim hujan. Untuk itu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Badung Barat menetapkan status siaga bencana di 16 kecamatan. Penetapan daerah ini didasarkan atas laporan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) yang meramalkan akan terjadi hujan deras di wilayah Bandung Barat. Berdasarkan catatan selama tahun 2014 terjadi kejadian 9 longsor tanah, 3 banjir bandang, 30 angin puting beliung dan 209 kebakaran total ada 248 kejadian bencana yang terjadi di wilayah Bandung Barat. Diramalkan seluruh kawasan Bandung Barat akan berpotensi terjadi bencana terutama pada bulan Januari - Februari. 


Longsor di Kawasan  (Cwangun Indah Camp)Paropong , Bandung
Wilayah yang berpotensi terjadi rawan longsor antara lain kecamatan Cililin, Cisarua, Parongpong, dan Lembang. Sedangkan puting beliung seperti Cipendeuy dan Cikalong Wetan. Saat ini BPBD mulai mendata daerah yang rawan bencana. Selain itu para korban bencana sedang dilakukan pendataan dalam upaya penyaluran bantuan terutama kerusakan rumah dan luka. Untuk itu BPBD mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati dalam dua bulan ke depan karena tingginya curah hujan dan potensi bencana ikutannya seperti longsor tanah dan banjir bandang.

No comments:

Post a Comment

Featured post

Bio Mining Masa Depan Tambang Hijau

Kondisi Penambangan saat ini ( sumber ) Pada saat ini penambangan sumber daya alam selalu bertentangan dengan lingkungan alam. Penamb...